Analisis pemasaran dan kelayakan usaha pembibitan dan perkebunan durian: Studi kasus di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan Warso Farm, Desa Cihideung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
View/ Open
Date
1998Author
Matondang, Parluhutan Trisepto Brastian
Kuntjoro, Sri Utami
Suryana, Rita Nurmalina
Metadata
Show full item recordAbstract
Diantara komoditas buah-buahan, durian memiliki prospek pengembangan yang cukup baik di Indonesia.
Namun pengembangan budidaya tanaman durian dalam bentuk perkebunan masih jarang dilakukan.
Perkebunan durian dapat menimbulkan usaha-usaha baru di bidang pembibitan baik secara tradisional
maupun modem. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
(1) mengkaji keragaan penangkar durian tradisional dan modem, (2) menganalisis kelayakan finansial
dan ekonomi usaha pembibitan penangkar durian tradisional dan modern untuk menunjang pengembangan agribisnis dan pembuatan kebun durian, dan (3) menganalisis kelayakan finansial dan ekonomi perkebunan durian.
Alat analisis yang digunakan adalah "Analisis Pemasaran" yang meliputi saluran pemasaran, struh.iur
pasar dan mrujin pemasaran serta "Analisis Kelayakan". Data yang digunakan merupakan data primer
dan sekunder yang diperoleh dari kuisioner dan pengamatan langsung serta data dari instansi
terkait.
Dari data sekunder diketahui bahwa secara keseluruhan luas areal panen durian pada tahun 1988 - 1995 di Indonesia mengalami peningkatan jumlah pohon sebesar 14.48 persen per tahun, luas panen
sebesar 8.82 persen per tahun dan produksi sebesar 13.88 persen per tahun. Sedangkan rata-rata
konsumsi durian
Collections
- UT - Management [3374]