Show simple item record

dc.contributor.advisorDjamaludin, M.D.
dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorJayanti, Tri Sapti
dc.date.accessioned2023-10-24T05:57:54Z
dc.date.available2023-10-24T05:57:54Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127879
dc.description.abstractBudaya masyarakat yang cenderung mementingkan harga dari pada kualitas serta masih rendah penghargaan terhadap hak cipta menyebabkan maraknya perilaku pembelian CD (compact disc) bajakan di Indonesia. Di samping itu, situasi ekonomi yang buruk, membuat masyarakat berusaha mencari barang yang lebih murah demikian dalam hal perilaku pembelian CD bajakan. Hal ini kemungkinan juga terjadi pada kelompok remaja. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian tentang persepsi, pengetahuan, dan perilaku remaja dalam pembelian CD bajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi karakteristik contoh, karakteristik keluarga, dan sumber informasi, 2) Menganalisis persepsi, pengetahuan, dan perilaku pembelian contoh terhadap CD bajakan, 3) Menganalisis perbedaan karakteristik contoh (usia, uangsaku dan agama), karakteristik keluarga (pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pendapatan keluarga, dan besar keluarga), sumber informasi, persepsi, pengetahuan, dan perilaku pembelian CD bajakan pada contoh laki-laki dan perempuan, 4) Menganalisis hubungan antara pengetahuan dengan persepsi contoh terhadap CD bajakan, 5) Menganalisis hubungan antara persepsi, pengetahuan dengan frekuensi dan CD bajakan yang dibeli contoh, 6) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian CD bajakan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive berdasarkan pertimbangan bahwa lokasi SMA kornita berada di sekitar kampus IPB Darmaga dimana terdapat berbagai tempat penjualan CD bajakan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi: karakteristik contoh, karakteristik keluarga contoh, sumber informasi, persepsi contoh terhadap CD bajakan, pengetahuan contoh terhadap CD bajakan, dan perilaku pembelian contoh terhadap CD bajakan yang dikumpulkan dengan teknik wawancara dan pelaporan diri (self report) dengan alat bantu kuesioner. Data sekunder berupa gambaran umum lokasi penelitian dari pihak sekolah. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 15.0 for Windows melalui editing, coding, scoring, entry data, cleaning dan analisis data (deskriptif dan inferensia). Contoh berjenis kelamin perempuan (63,5%) dan laki-laki (36,5%). Contoh dalam penelitian berusia 14-17 tahun dengan persentase terbesar berusia 16 tahun. Hampir seluruh contoh (94,8%) memperoleh uang saku yang bersumber dari orangtua. Rata-rata uang saku contoh per bulan adalah Rp 483.614,6 Rp 261.772.8. Informasi terbanyak mengenai CD bajakan diperoleh dari media Informasi media dapat berupa informasi mengenai Undang-Undang hak cipta, sanksi terhadap pelanggaran hak cipta, pelarangan menggunakan atau membeli produk bajakan dalam upaya stop pembajakan. Informasi terbanyak mengenai harga CD bajakan dan tempat membeli CD bajakan diperoleh dari teman.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universtyid
dc.subject.ddcHuman ecologyid
dc.subject.ddcFamily and consumer sciencesid
dc.titlePersepsi, pengetahuan, dan perilaku remaja siswa SMA kornita kabupaten bogor dalam pembelian CD bajakanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordHak ciptaid
dc.subject.keywordPerilaku membajak CDid
dc.subject.keywordCompact discid
dc.subject.keywordBogor Agricultural Universityid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record