View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis pemasaran kayu manis (cassiavera): Kasus di Desa Siscam, Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Sumatera Barat

      Thumbnail
      View/Open
      Fullteks (2.434Mb)
      Date
      1998
      Author
      Hilmiyati
      Asmarantaka, Ratna Winandi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kayumanis (Cinnamomum) merupakan salah salu lanaman perkebunan penting yang dibudidayakan di Indonesia, karena memberikan lambahan devisa di seklor non-migas. Salah salu jenis kayumanis yang dikembangkan adalah C. burmanii. Kulil dari C. burmanii ini dikenal dengan nama cassiavera alau cassia Indonesia. Indonesia merupakan negara produsen dan pemasok cassiavera lerbesar di dunia. Sumalera Baral merupakan salah salu senlra produksi lerbesar kedua setelah Jambi. Untuk pemasaran cassiavera di dalam negeri masih sulit bagi pelani, untuk menjual langsung cassiavera kepada eksportir. Hal ini disebabkan oleh lersebarnya lokasi produksi dengan skala pengusahaan yang relatif kecil serta volume cassiavera yang di jual oleh pelani unluk sekali penjualan relalif sedikil, sehingga jika penerimaan pelani di kurangi dengan biaya transportasi tidak akan menguntungkan. Dengan demikian dalam memasarkan cassiavera di perlukan pedagang pengumpul, akibalnya sebagian pendapalan pelani beralih kepada pedagang pengumpul. Berdasarkan permasalahan' di alas, maka lujuan penelitian ini adalah (1) mengelahui penyebab rendahnya produktivilas cassiavera dan kaitannya dengan pemasaran; (2) menganalisis pola pemasaran cassiavera dan sebaran margin dari seliap lembaga pemasaran; (3) menganalisis slruklur pasar dan keterpaduan pasar cassiavera dan (4) menganalisis efisiensi pemasaran cassiavera.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127509
      Collections
      • UT - Management [3620]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository