Analisis kepuasan konsumen terhadap Toastea cafe, Bogor
Abstract
Toastea Cafe merupakan salah satu cafe yang terletak di kota Bogor yang menyediakan makanan ringan seperti roti bakar dan pudding serta minuman berupa milk tea. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan pembelian konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap Toastea Cafe. Karakteristik konsumen di Toastea cafe adalah wanita yang belum menikah dengan latar belakang pekerjaan sebagai mahasiswa dan pendapatan per bulan sebesar Rp 1 000 000 – Rp 2 000 000. Keputusan pembelian konsumen pada Toastea karena tempat yang nyaman, informasi yang didapat berasal dari teman dan biasanya konsumen mengunjungi Toastea weekend di malam hari. Konsumen akan tetap membeli walaupun harganya mengalami kenaikan. Indeks kepuasan konsumen yang diukur dengan Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 72.43 persen yang berada pada kriteria puas. Sedangkan pada prioritas perbaikan atribut dilakukan dengan perhitungan menggunakan diagram kartesius Importance Performance Analysis (IPA) dimana kuadran I hanya terdapat satu atribut saja yang perlu diperbaiki yaitu ketersediaan tempat parkir. Konsumen merasa puas terhadap kinerja yang diberikan oleh Toastea Cafe dan sudah sesusai dengan harapan yang diinginkan.
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
