Pengaruh Konten Edukasi Keuangan di TikTok terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z di Jabodetabek
Abstract
Generasi Z sebagai penerus bangsa perlu memiliki kecakapan dalam pengelolaan keuangan. Namun, pada tahun 2021 sebagian besar Generasi Z memiliki total pengeluaran lebih besar dari pendapatannya yang menunjukkan bahwa Generasi Z belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hidup di era digital, penggunaan media sosial seperti TikTok erat digunakan Generasi Z termasuk untuk mendapatkan informasi dan edukasi keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi pada konten edukasi keuangan di TikTok terhadap perilaku keuangan Generasi Z di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebanyak 180 responden. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan Structural Equation Modelling Partial-Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kesenangan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap Generasi Z. Sikap, persepsi kontrol perilaku, dan norma subjektif berpengaruh positif signifikan terhadap niat. Niat berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku aktual Generasi Z dalam melakukan pengelolaan keuangan.
Collections
- UT - Management [3459]