Kajian employee engagement terhadap turnover karyawan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) kantor pusat
View/ Open
Date
2015Author
Purwitasari, Khurin Marini Dini
Rahmawati, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Pusat tidak
terlepas dari karyawan, sebagai mitra kerja yang dapat diandalkan. Hal ini
menyebabkan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Pusat memerlukan
pengelolaan karyawan untuk menghindari adanya turnover yang tinggi. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengidentifikasi employee engagement,turnover
karyawan, dan mengkaji pengaruh employee engagement terhadap turnover
karyawan di perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi
linear berganda, dan Structural Equation Modelling (SEM). Komponen employee
engagement yang mencakup kepuasan, komitmen, dan dukungan telah
diterapakan di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Pusat secara
menyeluruh. Turnover yang terjadi rata-rata persentase sebesar 4,19% termasuk
dalam kriteria rendah karena tingkat turnover kurang dari 5%. Kajian
menggunakan regresi linier berganda menunjukkan employee engagement
(kepuasan, komitmen, dan dukungan) terbukti secara bersama-sama
mempengaruhi turnover karyawan. Hasil penelitian menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM) menunjukkan bahwa komponen kepuasan, komitmen,
dan dukungan secara signifikan berpengaruh terhadap turnover.
Collections
- UT - Management [3374]