Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Susu Hilo School Di Bogor
Abstract
PT Nutrifood Indonesia ingin memposisikan susu hilo school sebagai top
brand susu berkalsium tinggi untuk anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi karakteristik dan proses keputusan pembelian,
menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang melalui
kepuasan konsumen susu hilo school di Bogor, menganalisis tingkat kepuasan
konsumen, dan menganalisis implikasi manajerial dari hasil evaluasi bauran
pemasaran. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural
Equation Model (SEM) yang berfungsi untuk mengukur signifikansi dan keeratan
hubungan antar variabel eksogen dengan variabel endogennya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa seluruh bauran pemasaran 4P berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen pada taraf nyata 5 persen. Kepuasan konsumen juga
berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Bauran produk merupakan
variabel laten yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan tingkat kepuasan, dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa puas
terhadap kinerja bauran pemasaran dan memiliki minat untuk dapat membeli
kembali susu hilo school. Berdasarkan pada implikasi manajerial, perusahaan
tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dari variabel indikator yang
memiliki kontribusi terbesar sekaligus memiliki nilai kepuasan konsumen yang
tinggi atau meningkatkan kinerja pada variabel indikator yang memiliki tingkat
kepuasan rendah namun kontribusinya tinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4770]
