Analisis efisiensi pemasaran bawang putih: Kasus Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat
Abstract
Bawang putih adalah salah satu tanaman hortikultura yang bernilai ekonomis tinggi, sehingga
tanaman ini tersebar pada beberapa daerah di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh petani
produsen adalah tingginya marjin pemasaran, struktur pasar yang tidak bersaing sempurna,
keterpaduan pasar yang belum terwujud atau tidak adanya efisiensi pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran marjin di antara lembaga pemasaran, struktur
pasar, keterpaduan pasar serta ini mempergunakan data efisiensi pemasaran. Penelitian sekunder dan data primer, serta penganalisaan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif pada analisis marjin pemasaran dan keterpaduan pasar. Analisis kualitatif pada saluran pemasaran, peri laku pasar dan struktur pasar.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]