Kebiasaan jajan dan preferensi anak sekolah dasar terhadap makanan jajanan dengan pewarna sintetik
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebiasaan jajan dan preferensi konsumsi anak sekolah dasar terhadap makanan dengan pewarna sintetik siswa SDN Pejaten Barat Jakarta Selatan. Adapun tujuan khususnya adalah (1). mengidentifikasi keadaan sosial ekonomi keluarga anak sekolah dasar, (2). mengidentifikasi kebiasaan jajan dan preferensi anak sekolah dasar terhadap makanan jajanan dengan pewarna sintetik, (3). mengidentifikasi karakteristik makanan jajanan dengan pewarna sintetik (4). mengidentifikasi pengetahuan dan sikap ibu terhadap makanan jajanan dengan pewarna sintetik (5). menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap ibu mengenai makanan jajanan dengan pewarna sintetik dengan kebiasaan jajan anak.
Disain penelitian adalah cross sectional study dengan metode survei. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Pejaten, Jakarta Selatan selama dua bulan, yaitu dari bulan Mei - Juni 2003. Populasi penelitian adalah anak sekolah dasar (SD) Pejaten Barat yang berusia 10 12 tahun. Pemilihan usia anak dilakukan secara purposive sampling. Contoh adalah anak sekolah dasar kelas lima yang diambil secara purposive sampling sebanyak 60 orang dengan jumlah yang berimbang antara laki-laki dan perempuan. Responden adalah siswa kelas lima beserta ibunya.
Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer meliputi identitas contoh (nama, umur, dan jenis kelamin), keadaan sosial ekonomi contoh (besar uang saku, status sosial dan status ekonomi), karakteristik individu contoh (pengetahuan dan motivasi contoh mengkonsumsi makanan jajanan dengan pewarna sintetik), karakteristik makanan (rasa, harga, dan warna), kebiasaan jajan anak (jenis, frekuensi, dan waktu jajan), juga preferensi terhadap makanan jajanan dengan pewarna sintetik.
Data primer diperoleh dari pengamatan dan wawancara langsung dengan contoh dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan data sekunder berupa data tentang siswa, keadaan umum sekolah, serta fasilitas yang tersedia diperoleh dari pihak sekolah SDN Pejaten Barat. Pertanyaan yang ditujukan kepada siswa dilakukan di sekolah, sedangkan kuesioner dengan pertanyaan yang ditujukan kepada ibu contoh dibawa contoh ke rumah dan seminggu kemudian dikembalikan lagi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dan ditabulasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji statistik. Dalam penelitian ini analisis uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman.