Analisis pendapatan usahatani dan pemasaran pisang segar: Studi kasus di Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mempelajari gambaran umum usahatani pisang di daerah
penelitian. (2) menganalisis saluran pemasaran dan mempelajari fungsi-fungsi yang dilakukan oleh
tiap lembaga pemasaran pemasaran. (3) menganalisa struktur pasar yang dihadapi oleh tiap lembaga pemasaran yang terlibat. (4) menganalisa efisiensi pemasaran dan keragaan pasar melalui analisa marjin pemasaran dan keterpaduan pasar.
Basil penelitian menunjukkan bahwa tanaman pisang diusahakan oleh petani penyewa dan pemilik
hanyalah sebagai usaha sampingan, tanpa melakukan perawatan yang intensif seperti penggunaan bibit unggul, pemupukan, dan penyemprotan pestisida. Tenaga kerja yang digunakan dalam usahatani secara keseluruhan adalah tenaga kerja dalam keluarga.
Collections
- UT - Agribusiness [4614]