Hubungan persepsi masyarakat terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan taraf hidup masyarakat di Desa Hambalang
Abstract
Tanggung jawab sosial perusahaan adalah bentuk komitmen dan kontribusi
perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi masyarakat terhadap
tanggung jawab sosial perusahaan dengan taraf hidup masyarakat di Desa
Hambalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung
oleh data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap
karakteristik CSR ITP masih pada tahap charity. Selain itu program CSR ITP
belum sepenuhnya memberdayakan masyarakat, terbukti dari tingkat partisipasi
partisipan program CSR ITP yang masih tergolong non participation, dan tingkat
kemandirian masyarakat yang masih rendah. Dari hasil penelitian ini juga
menunjukkan taraf hidup non partisipan CSR ITP lebih tinggi dibandingkan taraf
hidup partisipan CSR ITP. Terdapat hubungan antara tingkat karakteristik dan
tahap CSR ITP dengan tingkat keberdayaan masyarakat, selain itu terdapat
hubungan antara tingkat keberdayaan dan taraf hidup partisipan program CSR
ITP.