Strategi Pengembangan Bisnis Pipiltin Cocoa dengan Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Komoditas kakao sangat penting bagi Indonesia. Salah satu eksportir utama
kakao dalam perdagangan internasional adalah Indonesia. Industri pengolahan
kakao di Indonesia merupakan pasar potensial yang akan menyerap pemasaran biji
kakao. Di tengah imbas pandemi covid-19 Industri pengolahan kakao mampu
memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa. Sebagai Industri pengolahan
kakao Indonesia telah berorientasi ekspor, maka perlu untuk terus dipacu kinerja
dan pengembangannya agar bisa semakin baik di ranah global. Pipiltin Cocoa
merupakan bisnis industri cokelat yang mengolah biji kakao yang di panen oleh
petani kakao lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi,
menganalisis rancangan Business Model Canvas Pipiltin Cocoa menggunakan
metode analisis SWOT, dan merumuskan alternatif strategi pengembangan bisnis
dengan Business Model Canvas yang dapat mempermudah dalam penerapan bagi
pengembangan bisnis Pipiltin Cocoa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh
alternatif strategi yang dapat diterapkan ke dalam Business Model Canvas, yaitu
promotional content, sounding di media sosial, pemasangan iklan pemasaran pada
e-commerce, penambahan mitra untuk promosi offline dan marketing online, serta
biaya promosi.