Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Pelanggan dan Keputusan Penggunaan Jasa Go-Ride di Kota Jakarta
Abstract
Kemacetan Jakarta yang semakin parah mendorong permintaan jasa
transportasi praktis kian meningkat. Transportasi praktis favorit masyarakat
adalah ojek. Saat ini, terdapat banyak jasa ojek online antara lain Go-Ride,
GrabBike dan UberMotor. Setiap pelanggan berhak memilih satu diantaranya
sesuai dengan preferensi mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
karakteristik pengguna jasa Go-Ride, menganalisis proses pengambilan keputusan
pengguna jasa Go-Ride dan faktor yang memengaruhi preferensi pengguna jasa
Go-Ride. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan data
sekunder melalui literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna jasa
Go-Ride mayoritas perempuan berusia 19-24 tahun dari kalangan mahasiswa yang
berstatus belum menikah dengan penghasilan per bulan di bawah Rp 2 000 000.
Bahan pertimbangan dalam menggunakan jasa Go-Ride adalah tarif serta
terbentuk 3 faktor baru yang memengaruhi preferensi pelanggan yaitu layanan
jasa prima, kecakapan pengemudi, dan kepedulian pengemudi. Faktor yang paling
memengaruhi adalah layanan jasa prima.
Collections
- UT - Management [3333]