Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Penggunaan Teknologi Uang Elektronik pada Bus Transjakarta
Abstract
Peningkatan pelayanan kepada setiap penggunanya, mendorong Bus
Transjakarta menerapkan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik agar
memudahkan para pengguna dalam bertransaksi. Penelitian ini bertujuan: (1)
Menganalisis karakteristik konsumen yang menggunakan uang elektronik pada
bus Transjakarta. (2) Menganalisis persepsi konsumen terhadap penerimaan uang
elektronik pada bus Transjakarta. (3) Menganalisis pengaruh persepsi konsumen
terhadap penerimaan uang elektronik pada bus Transjakarta. Metode yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap penerimaan teknologi
uang elektronik pada bus Transjakarta secara keseluruhan dapat dikategorikan
baik. Seluruh variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel
terikat. Secara parsial variabel persepsi manfaat, kemudahan, dan keamanan
berpengaruh terhadap penerimaan teknologi uang elektronik. Dari kelima variabel
bebas yang digunakan, hanya variabel persepsi manfaat, kemudahan, harga dan
keamanan yang memiliki pengaruh positif, sedangkan variabel kepercayaan
menunjukkan nilai negatif.
Collections
- UT - Management [3333]