Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pakaian secara online pada e-commerce tokopedia (studi kasus di Kota Bogor)
Abstract
Tokopedia telah memiliki 800 000 pengunjung dan total transaksi
Tokopedia telah mencapai lebih dari Rp 8.38 Milyar/bulan. Mayoritas pelaku
belanja online di Indonesia memilih mengeluarkan uangnya untuk produk
pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik
responden, perilaku pembelian konsumen produk pakaian di Tokopedia serta
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk
pakaian di Tokopedia. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner sementara data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal yang
berhubungan dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode SEM
(Structural Equation Modelling) dengan software SmartPLS versi 2.0 sementara
analisis deskriptif menggunakan microsoft excel 2007 dan SPSS versi 16.0. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga (H), pengalaman penggunaan
internet (PPI) dan kepercayaan konsumen (KPK) memiliki pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pakaian di Tokopedia.
Namun variabel yang memiliki pengaruh yang paling positif dan signifikan adalah
harga.
Collections
- UT - Management [3333]