Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Restoran X
Abstract
Restoran X merupakan restoran yang bertemakan family resto. Penelitian
ini bertujuan mengidentifikasi persyaratan pelanggan, persyaratan teknik, dan
mengkaji metode Quality Function Deployment dalam peningkatan kualitas
pelayanan restoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskrptif, matriks House Of Quality (HOQ). Berdasarkan bobot absolut
persyaratan pelanggan urutan proritas persyaratan pelanggan yang harus dipenuhi
Restoran X adalah kenyamanan tempat, harga dan tempat parkir yang aman dan
luas, rasa yang khas, promosi, kecepatan transaksi, kemudahan lokasi,
kehigienisan makanan dan perlengkapannya, keragaman variasi menu, urutan
prioritas kesembilan tampilan menu, porsi makanan, kecepatan penyajian,
keramahan dan kesopanan pramusaji, penjelasan pramusaji dan penataan dekorasi
ruangan. Serta urutan prioritas terakhir penampilan pramusaji. Berdasarkan bobot
absolut persyaratan teknik urutan prioritas yang harus dipenuhi oleh Restoran X
adalah pelayanan, pemasakan, penyimpanan bahan baku, preparasi, suplai bahan
baku, pembersihan ruangan dan pencucian. Bobot relatif persyaratan teknik tidak
berbeda urutan prioritasnya dengan bobot absolut persyaratan teknik.
Collections
- UT - Agribusiness [4402]