Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorKoesmarini, Annisa Nurul
dc.date.accessioned2023-09-25T01:30:20Z
dc.date.available2023-09-25T01:30:20Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125321
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui bagaimanakah karakteristik konsumen yang melakukan pembelian (berbelanja) pada Banner Point ritel; (2)Mengetahui bagaimanakah proses keputusan pembelian barang kebutuhan sehari-hari yang dilakukan oleh konsumen pada Banner Point ritel; (3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipentingkan oleh konsumen dalam proses keputusan pembelian barang kebutuhan sehari-hari pada Banner Point ritel. Informasi dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak manajemen, pengisian kuesioner oleh responden dan pengamatan langsung di tempat penelitian. Data sekunder berupa studi literatur dan data lain yang diperoleh dari perpustakaan, data perusahaan, dan publikasi elektronik. Alat analisis adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, diperoleh karakteristik konsumen barang kebutuhan sehari-hari di Banner Point ritel adalah mayoritas member Tianshi yang usianya antara 16-25 tahun, berpendidikan terakhir SMA, berstatus pekerjaan wiraswasta dengan klasifikasi business owner, ada juga yang berprofesi sebagai mahasiswa dan ibu rumah tangga, serta melakukan pembelanjaan kurang dari Rp. 100.000,- per bulan. Tahapan proses pengambilan keputusan tiap konsumen berbeda-beda. Sebagian besar konsumen mengaku bahwa motivasi atau alasan utama yang mendasari mereka dalam berbelanja di Banner Point ritel adalah masuk omzet (point value atau PV) dan mendapatkan bonus (uang) dari hasil mereferensikan potensi bisnisnya beserta keuntungan yang dapat diraih kepada orang lain. Mayoritas dari mereka juga merasa puas setelah berbelanja dan berminat untuk melakukan pembelian ulang serta merekomendasikan Banner Point ritel kepada orang lain. Hasil dari Analisis Faktor diperoleh sembilan faktor utama yang terbentuk, yaitu: (1) faktor pelayanan, (2) faktor keunggulan produk, (3) faktor keunggulan SDM, (4) faktor keunggulan lokasi, (5) faktor cashflow keuangan konsumen, (6) faktor kerjasama eksternal, (7) faktor media promosi, (8) faktor promosi penjualan, (9) faktor pengaruh keluarga dan teman.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and management - Managementid
dc.titleAnalisis Proses Pengambilan Keputusan Pada Konsumen Banner Point Ritel Wilayah Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordonline businessid
dc.subject.keywordPersonal Franchiseid
dc.subject.keywordConsumer characteristicid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record