Pengembangan Pasar Produkl Olahan Ubi Jalar dengan Metode Human-Centered Design
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan nilai tambah pada tepung ubi
jalar dengan mengidentifikasi permasalahan yang dapat diselesaikan oleh produk
olahan ubi jalar serta merancang model bisnis yang sesuai untuk menyelesaikan
masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD).
Tahapan dari penelitian adalah inspirasi, yang dilakukan dengan observasi dan
eksplorasi masalah, ideasi, prototipe, pengumpulan umpan balik, dan verifikasi.
Penderita diabetes melitus tipe 2 seringkali kesulitan dalam menjaga pola hidp
yang baik karena keterbatasan waktu, kesulitan mencari makanan yang tepat, rasa
lapar yang berlebih, dan terbatasnya produk di pasaran. Hal ini membuat mereka
membutuhkan produk yang dapat menjaga gula darahnya stabil, mengenyangkan
dalam waktu yang cukup lama, praktis, rendah kalori dan tinggi serat. Umpan
balik dari kukis ubi jalar menunjukkan kesesuaian dengan pelanggan dan harga
penjualan sebesar Rp 5.000,- untuk berat bersih 45 gram