Motivasi Peternak Mitra PT XYZ Perusahaan Online Marketplace Bidang Peternakan
Abstract
PT XYZ merupakan salah satu perusahaan online marketplace bidang
peternakan yang menghubungkan beberapa mitra yakni member, mitra bisnis,
investor kandang, dan peternak. Peternak merupakan salah satu mitra perusahaan
yang berperan sebagai tenaga kerja utama yang berkompeten dalam mengelola
investasi ternak dan kandang. Untuk menjadi tenaga kerja yang berkompeten
diperlukan motivasi sebagai dorongan melakukan pekerjaan sesuai dengan
ketentuan dari perusahaan. Oleh karena itu, perlu diidentifikasi faktor-faktor
motivasi peternak yang bermitra dengan PT XYZ. Penelitian ini merupakan
penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk
mengidentifikasi faktor-faktor motivasi peternak yang telah bermitra dengan PT
XYZ. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dan wawancara
yang melibatkan seluruh responden sebanyak 7 orang peternak. Data yang
dihasilkan kemudian dianalisis dengan model interaktif menurut Miles dan
Huberman (1992) dan disajikan secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi peternak di PT XYZ adalah
pengalaman beternak, jumlah tanggungan keluarga, gaji perusahaan, dan
kebijakan insentif. Pengalaman beternak mempengaruhi perbedaan deskripsi
pekerjaan peternak. Jumah tanggungan keluarga merupakan faktor pendorong
dalam meningkatkan produktivitas kerja. Gaji perusahaan merupakan faktor yang
mendorong peternak untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan deskripsi kerja
yang sudah ditentukan perusahaan. Kebijakan insentif merupakan faktor yang
mendorong peternak di bagian penggemukan untuk meningkatkan kinerja.