Hubungan Tingkat Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Modal Sosial Masyarakat (Kasus: Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. ANTAM (Persero) Tbk, di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu komitmen
perusahaan untuk menjalankan tanggungjawabnya menjamin berkelanjutan lingkungan
sekitar. Saat ini program CSR bukan hanya menjadi suatu beban bagi perusahaan, tapi
sebagai investasi sosial yang dapat meningkatkan relasi, kemitraan, produktivitas, public
trust, dan lain-lain, salah satunya adalah modal sosial. Penelitian ini bertujuan
menganalisis hubungan antara tingkat keberhasilan program CSR ANTAM dengan modal
sosial masyarakat. Penelitian berfokus pada program Community Development CSR
ANTAM yang di implementasikan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten
Bogor, Jawa Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh data
kualitatif dengan menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat
keberhasilan program CSR ANTAM tergolong dalam kategori sedang, karena mayoritas
penerima program menilai positif tingkat manfaat dan tingkat keberlanjutan program, serta
teridentifikasi pula kekurangan pada tingkat partisipasi. Pada tingkat modal sosial
termasuk dalam kategori tinggi, karena mayoritas penerima program mengalami
peningkatan pada tingkat kepercayaan, tingkat jaringan dan tingkat norma sosial dengan
stakeholders setelah mengikuti program. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat
hubungan antara tingkat keberhasilan program CSR dengan modal sosial masyarakat.