Analisis Proses Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Produk Kredit KUR Bank Jabar Banten (Bjb).
View/ Open
Date
2011Author
Putri, As'syifa Gema Utami
Basith, Abdul
Indrawan, R. Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses keputusan konsumen dalam pemilihan produk KUR Bank Bjb Cabang Cibinong (2) Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk kredit KUR Bank Bjb Cabang Cibinong (3) Menganalisis hubungan proses keputusan konsumen dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan produk kredit KUR Bank Bjb Cabang Cibinong. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara memberikan kuesioner kepada responden yang mengetahui dan pernah menggunakan produk KUR Bank Bjb. Data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, media massa, buku, dan penelitian terdahulu yang relevan. Alat analisis yang digunakan adalah uji korelasi kanonik. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan microsoft ecxel, Minitab 14, SPSS 16 dan Statistic versi 8.
Hasil analisis dengan menggunakan korelasi kanonik menunjukkan bahwa pada tahap pengenalan kebutuhan, yang paling berhubungan dalam proses keputusan konsumen adalah kebutuhan investasi (0,296061), pada tahap pencarian informasi adalah informasi media elektronik (0,577116), pada tahap evaluasi alternatif adalah evaluasi plafond (-0,446301), pada tahap keputusan pembelian adalah pengaruh media iklan (-0,677412), serta pada tahap evaluasi pasca pembelian adalah kemauan menyarankan KUR pada orang lain (0,429835). Faktor-faktor yang paling berhubungan dengan keputusan konsumen adalah dukungan keluarga (0,443944), keputusan langsung (0,640429), dan pengalaman menggunakan KUR (-0,205081). Nilai korelasi antara faktor-faktor yangmempengaruhi keputusan konsumen dengan proses keputusan konsumen yang didapatkan rata-rata menunjukkan nilai kurang dari 0,5. Hal ini berarti hubungan antara gugus peubah proses keputusan konsumen (X) dengan gugus peubah faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen (Y) secara umum adalah lemah.
Collections
- UT - Management [3358]