dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu bidang jasa dalam rangka mewujudkan
proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
darinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Sentra Edukatif melakukan proses
bersaing dengan lembaga bimbel di kota Bogor dengan melaksanakan strategi
yang tepat dan unggul. Promosi merupakan strategi yang sampai saat ini menjadi
prioritas utama. EPIC Model dan Direct Rating Method digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan sebuah promosi yang berkaitan dengan kemampuan
promosi itu untuk mendapatkan perhatian, mudah tidaknya promosi itu dibaca
secara seksama, mudah tidaknya promosi itu dipahami, kemampuan promosi itu
untuk menggugah perasaan dan kemampuan promosi tersebut untuk
mempengaruhi perilaku.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara langsung dengan
pihak manajemen Sentral Edukatif dan pengisian kuisioner oleh konsumen.
Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer
yaitu dsengan menggunakan software SPPS versi 15 for windows dan Microsoft
Excel, uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keandalan kuesioner, EPIC
Model dan Direct Rating Method yang digunakan untuk mengukur keefektifan
promosi yang dilakukan.
Terdapat empat dimensi, yaitu (1) Dimensi Empati: Hasil analisis dimensi
empati bahwa konsumen/siswa menyukai promosi yang telah dilakukan oleh
Sentral Edukatif. (2) Dimensi Persuasi: Hasil analisis bahwa promosi yang
dilakukan Sentral Edukatif dapat memberikan penguatan karakter dari program
belajar Sentral Edukatif. (3) Dimensi Dampak: Hasil analisis bahwa promosi yang
dilakukan Sentral Edukatif lebih diingat oleh konsumen dibandingkan promosi
yang dilakukan bimbingan belajar lain. (4) Dimensi komunikasi: Hasil analisis
bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif telah efektif untuk mengingatkan
pesan utama. Analisis Direct Rating Method terdiri dari (1) Perhatian,
menginformasikan bahwa promosi Sentral Edukatif dapat menarik perhatian
konsumen, akan tetapi masih perlu ditingkatkan (3.34). (2) Pemahaman,
menginformasikan bahwa konsumen dapat memahami dengan baik promosi yang
dilakukan Sentral Edukatif (3,44). (3) Respon Kognitif, menginformasikan bahwa
konsumen dapat mengerti pesan yang disampaikan dalam promosi yang dilakukan
Sentral Edukatif (3,44). (4) Respon Afektif, menginformasikan bahwa promosi
yang dilakukan Sentral Edukatif dapat memberikan perasaan dan emosi yang
positif kepada konsumen yang memperhatikan promosi tersebut (3,36). (5) Sikap
terhadap promosi, menginformasikan bahwa promosi yang dilakukan Sentral
Edukatif dapat menimbulkan sikap yang positif bagi konsumen, (3,59). Total
skor DRM diperoleh nilai sebesar 69,05, artinya promosi Sentral Edukatif cukup
berhasil dalam menarik perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan perilaku
konsumen untuk belajar dengan program yang diberikan Sentral Edukatif. | id |