Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorDewi, Yanita Kartika
dc.date.accessioned2023-09-20T07:40:00Z
dc.date.available2023-09-20T07:40:00Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125036
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu bidang jasa dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan darinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Sentra Edukatif melakukan proses bersaing dengan lembaga bimbel di kota Bogor dengan melaksanakan strategi yang tepat dan unggul. Promosi merupakan strategi yang sampai saat ini menjadi prioritas utama. EPIC Model dan Direct Rating Method digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah promosi yang berkaitan dengan kemampuan promosi itu untuk mendapatkan perhatian, mudah tidaknya promosi itu dibaca secara seksama, mudah tidaknya promosi itu dipahami, kemampuan promosi itu untuk menggugah perasaan dan kemampuan promosi tersebut untuk mempengaruhi perilaku. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara langsung dengan pihak manajemen Sentral Edukatif dan pengisian kuisioner oleh konsumen. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer yaitu dsengan menggunakan software SPPS versi 15 for windows dan Microsoft Excel, uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keandalan kuesioner, EPIC Model dan Direct Rating Method yang digunakan untuk mengukur keefektifan promosi yang dilakukan. Terdapat empat dimensi, yaitu (1) Dimensi Empati: Hasil analisis dimensi empati bahwa konsumen/siswa menyukai promosi yang telah dilakukan oleh Sentral Edukatif. (2) Dimensi Persuasi: Hasil analisis bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif dapat memberikan penguatan karakter dari program belajar Sentral Edukatif. (3) Dimensi Dampak: Hasil analisis bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif lebih diingat oleh konsumen dibandingkan promosi yang dilakukan bimbingan belajar lain. (4) Dimensi komunikasi: Hasil analisis bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif telah efektif untuk mengingatkan pesan utama. Analisis Direct Rating Method terdiri dari (1) Perhatian, menginformasikan bahwa promosi Sentral Edukatif dapat menarik perhatian konsumen, akan tetapi masih perlu ditingkatkan (3.34). (2) Pemahaman, menginformasikan bahwa konsumen dapat memahami dengan baik promosi yang dilakukan Sentral Edukatif (3,44). (3) Respon Kognitif, menginformasikan bahwa konsumen dapat mengerti pesan yang disampaikan dalam promosi yang dilakukan Sentral Edukatif (3,44). (4) Respon Afektif, menginformasikan bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif dapat memberikan perasaan dan emosi yang positif kepada konsumen yang memperhatikan promosi tersebut (3,36). (5) Sikap terhadap promosi, menginformasikan bahwa promosi yang dilakukan Sentral Edukatif dapat menimbulkan sikap yang positif bagi konsumen, (3,59). Total skor DRM diperoleh nilai sebesar 69,05, artinya promosi Sentral Edukatif cukup berhasil dalam menarik perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan perilaku konsumen untuk belajar dengan program yang diberikan Sentral Edukatif.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and management - Managementid
dc.titleAnalisis Efektivitas Bauran Promosi Pada Sentral Edukatif Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordEPIC Modelid
dc.subject.keywordDirect Rating Methodid
dc.subject.keywordConsumenr behaviourid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record