Analisis Strategi Pemasaran Produk JS Saving Plan pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pemasaran produk JS-Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor, 2) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pemasaran JS-Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor, 3) Merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi JS-Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan pengisian kuesioner pada Branch Manager, Kasi Operasional Area Manager, Unit Manager. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet dan literature dari perusahaan. Penelitian ini dioleh dengan bantuan software Expert Choice 2000 dan Microsoft Excel 2007.
Berdasarkan hasil identifikasi matriks IFE dan EFE, diketahui kekuatan utama perusahaan adalah Jiwasraya merupakan perusahaan asuransi jiwa milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (0,876), sedangkan kelemahan utamanya adalah tidak semua masyarakat dapat membeli produk JS Saving Plan (0,060). Peluangnya yaitu meningkatnya kedasaran masyarakat tentang pentingnya asuransi sebagai proteksi dan investasi (0,650), sedangkan ancamannya adalah banyaknya jumlah tenaga pemasar dari pesaing (0,075). Berdasarkan analisis matriks IE, diperoleh perpaduan antara nilai skor matriks IFE 3,492 dan matriks EFE dengan skor 3,136. Perpaduan tersebut menentukan posisi perusahaan. perusahaan berada pada sel I, sehingga PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor merupakan perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang. Pengembangan strategi pada matriks SWOT menghasilkan sejumlah alternatif strategi.
Berdasarkan analisis QSPM diperoleh empat alternatif strategi yang dapat dilakukan perusahaan yaitu : 1) Startegi penetrasi pasar dengan TAS tertinggi sebesar 6,698, 2) Strategi product development yaitu menciptakan produk yang inovatif memiliki nilai TAS 6,526, 3) Strategi penguatan kedalam perusahaan yaitu mengoptimalkan sumberdaya yang ada didalam perusahaan dengan TAS 6,459, 4) Strategi Market development (promosi intensif ke wilayah baru) dengan TAS terendah 6,053. Alternatif strategi terbaik yang bisa dilakukan oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Bogor adalah strategi penetrasi pasar. Strategi ini untuk peningkatan pangsa pasar dengan upaya pemasaran yang lebih besar.
Collections
- UT - Management [3374]