dc.description.abstract | Perum BULOG telah membangun infrastruktur modern yaitu Modern Rice
Milling Plant (MRMP). Teknologi MRMP menjadi salah satu faktor perkembangan
bisnis Perum BULOG agar dapat menurunkan biaya produksi, menaikkan
rendemen dan mutu beras serta memenuhi permintaan konsumen dengan waktu dan
harga yang tepat. Faktor lain dalam perkembangan bisnis Perum BULOG yaitu
pemasaran produk beras yang dihasilkan pada Modern Rice Milling Plant (MRMP).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis STP (segmenting,
targeting and positioning) untuk penentuan positioning product MRMP Lampung
yang tepat, analisis bauran pemasaran dan analisis SWOT (strength, weakness,
opportunities, treath) untuk menyusun strategi pemasaran, kemudian analisis
QSPM (quantitative strategic planning matrix) untuk menentukan prioritas strategi
pemasaran yang dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Posistioning
Product yang tepat untuk produk MRMP Lampung yaitu Quality-based
Positioning. Berdasarkan analisis IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa MRMP
Lampung termasuk kedalam kuadran 5 yaitu hold & maintain. Berdasarkan analisis
QSPM menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada TAS yaitu alternatif strategi
menambah jumlah karyawan divisi pemasaran untuk melakukan promosi langsung
ke distributor maupun ke konsumen dengan nilai TAS sebesar 8 | id |