Pengaruh Price, Variety seeking, dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Switching Intention Restoran Cepat Saji Di Jabodetabek
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, industri makanan dan minuman semakin berkembang. Restoran cepat saji merupakan salah satu contoh dari perkembangan ini. Restoran cepat saji menjadi pilihan untuk masyarakat yang tidak sempat untuk menyiapkan makanannya sendiri dan membutuhkan sesuatu yang cepat. Hal ini tentunya menyebabkan persaingan antar restoran cepat saji bersamaan dengan banyaknya restoran cepat saji yang ada Pelanggan semakin selektif dalam pemilihan restoran cepat saji yang sesuai dan pelanggan dapat melakukan perpindahan jika restoran cepat saji kalah bersaing dengan restoran cepat saji lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari pelanggan restoran cepat saji di Jabodetabek serta untuk mengetahui pengaruh harga,
variety seeking, dan eWOM terhadap perpindahan Pelanggan. Responden pada penelitian ini sebanyak 174 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, variety seeking, dan eWOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap switching intention. Kemudian switching intention memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap switching behaviour. As the industry develops, the food and beverage industry is growing rapidly. Fast food restaurant.are one of the example of this development. Fast food restaurant are the choice for people who don’t have time to prepare their own food and need something fast. This causes competition between fast food restaurant, along with the many fast food restaurant where customers are increasingly selective in choosing the right fast food restaurant and customers can make a move if the fast food restaurant can’t compete with
other fast food restaurant. This study aims to determine the characteristics of fast food restaurant customers in Jabodetabek and to determine the effect of price, variety seeking, and EWOM on customer switching. Respondents in this study were 174 respondents and the data analysis technique used was descriptive analysis and SEM-PLS. The results of the study show that the variable price, variety seeking, and EWOM have a positive and significant effect on switching intention. Then switching intention has a positive and significant influence on switching behavior.
Collections
- UT - Management [3464]