Faktor-Faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention melalui Trust pada Layanan E-Grocery di Jabodetabek
Abstract
Permintaan yang tinggi terhadap kebutuhan bahan pokok dan pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja membuat perusahaan penyedia layanan e-grocery bertumbuh pesat di Indonesia. Namun, kondisi pasca pandemi menjadikan penggunaan terhadap layanan e-grocery mengalami penurunan karena tren pembelanjaan grocery secara online yang kian semakin minim dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna layanan e-grocery di Jabodetabek, serta untuk mengetahui pengaruh perceived risk,perceived ease of use, dan perceived usefulness terhadap online purchase intention melalui trust pada layanan e-grocery di Jabodetabek. Responden dalam penelitian
ini sebanyak 160 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness dan trust berpengaruh signifikan terhadap online purchase intention. Perceived risk dan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap online purchase intention. Trust mampu memediasi pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap online purchase intention.
Collections
- UT - Management [3374]