Show simple item record

dc.contributor.advisorRiany, Yulina Eva
dc.contributor.authorRani
dc.date.accessioned2023-08-05T16:15:27Z
dc.date.available2023-08-05T16:15:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123116
dc.description.abstractSemakin berkembangnya zaman, peran pendidikan menjadi sangat dibutuhkan untuk membentuk generasi yang berkualitas. Dalam hal ini terutama pada jenjang perguruan tinggi yang partisipasinya masih rendah. Dampak yang akan timbul akibat putus sekolah yakni pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, dan kenakalan remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh tekanan ekonomi keluarga dan dukungan sosial terhadap motivasi siswa SMA melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 198 remaja yang berada di kelas 12. Pengolahan dan analisis data menggunakan Microsoft Excel 2016 dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki hubungan positif signifikan dengan motivasi siswa SMA melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kabupaten Serang. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif besar keluarga dan negatif signifikan dari urutan kelahiran terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kabupaten Serang. Selain itu, tekanan ekonomi subjektif, seringnya dukungan sosial dari orang tua dan teman kelas, dan pentingnya dukungan sosial dari orang tua berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kabupaten Serang. Diharapkan dukungan sosial dari berbagai sumber yakni orang tua, guru, teman kelas, teman dekat, dan orang-orang di sekolah dapat lebih ditingkatkan sehingga motivasi siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi semakin tinggi.id
dc.description.abstractWith the development of the times, the role of education is needed to form a quality generation. In this case, especially at the tertiary level, where participation is still low. The impacts that will arise due to dropping out of school are unemployment, crime, poverty, and juvenile delinquency. The purpose of this study was to analyze the effect of family economic pressure and social support on the motivation of high school students to continue their college education in Serang Regency. This study used a cross-sectional study design with purposive sampling technique. Data processing and analysis used Microsoft Excel 2016 and SPSS version 25. The results showed that social support has a significant positive relationship with the motivation of high school students to continue their education to college in Serang Regency. In addition, the results of this study also show that there is a significant positive effect of family size and a significant negative effect of birth order on the motivation to continue education to college in Serang Regency.In addition, subjective economic pressure, frequent social support from parents and classmates, and the importance of social support from parents affect the motivation to continue education to college in Serang Regency. It is expected that social support from various sources, namely parents, teachers, classmates, close friends, and other people, will influence the motivation to continue higher education in Serang Regency.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Tekanan Ekonomi Keluarga dan Dukungan Sosial terhadap Motivasi Siswa SMA Melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi Di Kabupaten Serangid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordfamily economic pressureid
dc.subject.keywordhigher educationid
dc.subject.keywordmotivation to continue educationid
dc.subject.keywordsocial supportid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record