View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Efisiensi Pemasaran Biji Kopi Robusta di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo (Studi Kasus: Desa Donorejo dan Desa Pandanrejo)

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (329.9Kb)
      Fullteks (1.126Mb)
      Lampiran (484.6Kb)
      Date
      2023
      Author
      Darmanto, Deni
      Aviny, Eva Yolynda
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kopi Robusta adalah komoditas perkebunan unggulan di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu kecamatan sentra produksi, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, terutama di Desa Donorejo dan Desa Pandanrejo, menghadapi permasalahan pemasaran kopi. Rentang selisih harga yang cukup besar pada tingkat petani dan tingkat konsumen, diduga pemasaran kopi Robusta di Kecamatan Kaligesing tersebut relatif belum efisien. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran kopi Robusta yang relatif efisien di Kecamatan Kaligesing dengan memanfaatkan pendekatan analisis kelembagaan dan saluran pemasaran beserta fungsinya, margin pemasaran, farmer's share, dan rasio B/C. Sebanyak 60 petani dipilih menjadi responden dengan metode simple random sampling, dan 13 pedagang perantara diperoleh melalui snowball sampling berdasarkan informasi dari petani responden. Kajian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga lembaga pemasaran yang terlibat dan menghasilkan empat saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang relatif efisien untuk kopi asalan adalah saluran II (petani → Pedagang Pengumpul Besar → konsumen), sedangkan untuk kopi petik merah adalah saluran pemasaran IV (petani → pedagang besar → konsumen). Saluran tersebut merupakan saluran yang relatif pendek dan melibatkan lembaga pemasaran yang relatif sedikit, dimana lembaga pemasaran yang terlibat melakukan fungsi pemasaran yang relatif lengkap, selain itu, saluran yang memiliki rasio B/C merata pada setiap lembaga pemasaran.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122958
      Collections
      • UT - Agribusiness [4770]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository