Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Sikap Berutang terhadap Penggunaan Paylater pada Generasi Milenial dan Generasi Z
Abstract
Di era digital seperti saat ini, tren belanja online setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Berbelanja adalah salah satu aktivitas yang dapat memenuhi hasrat kaum hedonis. Di sisi lain terdapat kemudahan metode pembayaran yang ditawarkan, salah satunya adalah paylater. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan gaya hidup hedonis, sikap berutang, dan penggunaan paylater antara generasi milenial dan generasi Z. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik konsumen, gaya hidup hedonis, dan sikap berutang terhadap penggunaan paylater pada generasi Milenial dan generasi Z. Penelitian berlokasi di Kota Denpasar, Provinsi Bali dengan teknik quota sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji t, dan uji regresi berganda menggunakan IBM SPSS 26.0. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat berbedaan yang signifikan antara generasi milenial dan generasi Z dalam variabel gaya hidup hedonis, sikap berutang, dan penggunaan paylater. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa lama pendidikan pada variabel karakteristik, gaya hidup hedonis, dan sikap berutang berpengaruh terhadap penggunaan paylater. In today's digital era, every year the trend of online shopping is always increasing. Shopping is one of the activities that can fulfill the desires of hedonists. On the other hand, there are easy payment methods offered, one of which is paylater. This study aims to analyze differences in hedonic lifestyles, debt attitudes, and the use of paylater between millennials and generation Z. In addition, this study aims to analyze the effect of consumer characteristics, hedonic lifestyles, and debt attitudes on the use of paylater in the Millennials and generation Z. The research was located in Denpasar City, Bali Province with quota sampling technique. The research data were analyzed using descriptive analysis, t test, and multiple regression tests using IBM SPSS 26.0. The t test results show that there is no significant difference between millennials and generation Z in the variables of hedonic lifestyle, debt attitudes, and use of paylater. The results of multiple regression tests show that the length of education in the characteristics variable, hedonic lifestyle, and debt attitude affect the use of paylater.