dc.description.abstract | UKM Klausa merupakan usaha rintisan di bidang makanan yang
memproduksi kue. UKM Klausa harus dapat bertahan, bersaing, serta
mewujudkan visinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang
usaha rintisan dengan pendekatan pemikiran desain. Pemikiran desain terdiri dari
berempati, memberi definisi, ideasi, dan prototipe. Penelitian ini menggunakan
metode semi kuantitatif serta metode penarikan sampel dengan purposive
sampling dan quota sampling. Validitas data diuji dengan teknik triangulasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif, peta empati, point of view,
epicenters of business model innovation, proposisi nilai kanvas, minimum viable
product, model bisnis kanvas (MBK), serta viability. Penelitian ini menghasilkan
MBK saat ini dan 3 (tiga) skenario prototipe MBK. MBK saat ini melayani tiga
segmen pelanggan dengan kebutuhan produk yang berbeda. Segmen pelanggan
yang sedikit membuat UKM kesulitan untuk berkembang. Berdasarkan urgensi,
urutan penerapan skenario yang diusulkan adalah A-C-B. Skenario A berfokus
untuk memperkuat sumberdaya kunci, skenario C fokus pada memperluas segmen
pelanggan, dan skenario B fokus menciptakan proposisi nilai. | id |