Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan terhadap Willingness to Share Data Pribadi pada Pengguna E-commerce di Indonesia
Abstract
Penggunaan e-commerce mengharuskan konsumen bersedia memberikan informasi pribadi. Tujuan riset ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap willingness to share data pribadi pada pengguna e-commerce di Indonesia. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder hasil survei daring dan in-depth interview yang diambil dari data tim PKM-RSH Data Pribadi. Analisis data yang digunakan deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan LISREL. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan konsumen terkait perlindungan data pribadi cukup rendah. Konsumen juga masih memiliki kekhawatiran dalam memberikan data pribadi. Hasil SEM menunjukkan pengetahuan berpengaruh signifikan positif secara langsung terhadap willingness to share, tetapi secara tidak langsung melalui persepsi risiko, kepercayaan, dan kombinasi keduanya tidak signifikan. Sebaliknya, persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap willingness to share melalui kepercayaan, tetapi tidak berpengaruh secara langsung terhadap willingness to share. Kepercayaan berpengaruh langsung signifikan positif terhadap willingness to share dan menjadi faktor terbesar. Penelitian ini memberikan saran untuk pemerintah, e-commerce, dan konsumen agar menjaga data pribadi.