Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Social Media Influencer terhadap Loyalitas Merek Somethinc
Date
2023Author
Rahma, Fairuz Malinda
Sumarwan, Ujang
Nurhayati, Popong
Metadata
Show full item recordAbstract
FAIRUZ MALINDA RAHMA. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan
Social Media Influencer terhadap Loyalitas Merek Somethinc. Dibimbing oleh
UJANG SUMARWAN dan POPONG NURHAYATI.
Masyarakat Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap produk
kecantikan. Revenue dari pasar produk perawatan kulit diperkirakan mencapai
hingga 2,6 miliar dolar AS pada tahun 2026 (Statista 2022). Somethinc merupakan
salah satu merek produk kecantikan baru asal Indonesia yang banyak diminati oleh
konsumen. Pada tahun 2022, Somethinc berhasil menduduki peringkat pertama
kategori produk serum terlaris di Shopee dan Tokopedia (Compas 2022). Kegiatan
pemasaran saat ini berbeda dengan dulu. Pada saat ini, suatu merek sering
menggunakan social media influencer untuk memasarkan produk mereka.
Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh persepsi kualitas, social
media influencer, dan peran mediasi citra merek terhadap loyalitas merek
Somethinc serta menganalisis faktor yang mempengaruhi loyalitas merek oleh
konsumen pada produk Somethinc.
Penelitian ini dilakukan pada Agustus hingga Oktober 2022 secara online di
Indonesia. Penelitian bersifat deskriptif dengan cross-sectional design yang
dilakukan hanya sekali pada waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik
kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan google form kepada rekan
dan kerabat peneliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni nonprobability
sampling dengan jenis purposive sampling dengan ciri responden
masyarakat Indonesia usia 15-64 tahun yang pernah membeli dan menggunakan
produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan analisis SEM-PLS dengan jumlah
responden sebanyak 222 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif
dan signifikan terhadap citra merek dan loyalitas merek Somethinc. Citra merek
juga memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas merek Somethinc. Citra merek
juga dapat menjadi mediator antara persepsi kualitas dengan loyalitas merek. Pada
penelitian ini, citra merek tidak menjadi mediator antara social media influencer
dengan loyalitas merek. Pada kasus penelitan ini, social media influencer memiliki
hubungan yang negatif dan tidak signifikan terhadap citra merek dan loyalitas
merek.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan loyalitas merek Somethinc, dapat
ditingkatkan persepsi kualitas dan citra merek Somethinc. Citra merek menjadi
mediator antara persepsi kualitas dan loyalitas merek sehingga perlu ditingkatkan
persepsi kualitas agar citra merek dan loyalitas merek juga meningkat.
Collections
- MT - Business [409]