Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Investasi AJAIB di Jabodetabek
Date
2023Author
Aufan, Mohamad Rifki
Widyastuti, Hardiana
Suryawati, Rindah Febriana
Metadata
Show full item recordAbstract
AJAIB menjadi perusahaan unicorn pertama di bidang investasi dan menjadi
platform sekuritas paling favorit di Indonesia tahun 2022. Oleh karena itu, AJAIB harus
terus melakukan pengembangan mengenai adopsi aplikasi dan melihat teknologi AJAIB
dapat diterima oleh masyarakat atau tidak. Hal ini untuk melihat AJAIB dapat bertahan di
dalam persaingan yang semakin kompetitif serta menjaga eksistensi dan keberlanjutan
AJAIB. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna aplikasi
investasi AJAIB di Jabodetabek, menguji pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan,
persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi investasi
AJAIB di Jabodetabek. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 150 orang berdomisili
Jabodetabek yang menggunakan aplikasi investasi AJAIB. Data primer yang digunakan
untuk penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara online, pemilihan
responden menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM), menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi risiko dan kepercayaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap niat perilaku penggunaan. Namun, persepsi kemudahan yang
dirasakan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku penggunaan.
Collections
- UT - Management [3374]