Show simple item record

dc.contributor.advisorHartoyo, Hartoyo
dc.contributor.advisorNovandari, Weni
dc.contributor.authorWidyawati, Sri Utami
dc.date.accessioned2023-06-16T08:57:10Z
dc.date.available2023-06-16T08:57:10Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119374
dc.description.abstractGreen marketing mix merupakan konsep pemasaran yang mempertimbangkan aspek lingkungan dalam aktivitas pemasarannya dan adanya peran stakeholder terkait untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, keseimbangan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan. Meningkatnya tingkat kesadaran konsumen menggunakan produk ramah lingkungan membuka peluang bagi perusahaan untuk menerapkan strategi green marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing mix terhadap sikap dan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; menganalisis pengaruh green consumers (concern dan knowledge) terhadap sikap dan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; menganalisis pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; merumuskan implikasi manajerial yang digunakan untuk meningkatkan keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Fore Coffee yang sudah pernah membeli dan mengonsumsi produk Fore Coffee dalam kurun waktu 3 bulan terakhir dan berusia minimal 17 tahun dengan responden sebanyak 275 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online melalui google form. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap produk hijau. Terdapat pengaruh signifikan antara green marketing mix terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Selain itu, green consumers memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap. Green consumers tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Dan sikap produk hijau memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu Fore Coffee mengkomunikasikan peran penting konsumsi produk hijau yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab pelanggan terhadap lingkungan, Fore Coffee mengintensifkan komunikasi pemasaran tentang pentingnya berkomitmen terhadap lingkungan, Fore Coffee mengkomunikasikan produk hijau dalam bentuk kampanye sosial dan memfasilitasi penyebaran informasi tentang peran produk hijau, Fore Coffee harus meningkatkan strategi green place yaitu lokasi gerai dan outlet harus diperhatikan sesuai dengan citra yang dituju (ramah lingkungan), Fore Coffee fokus terhadap nilai atribut produk hijau seperti memperhatikan mutu kandungan produk sehat, aman dari bahaya penyakit dan tidak berdampak pada bahaya kerusakan lingkungan sebagai faktor untuk meningkatkan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Green Marketing Mix dan Green Consumers Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Pelanggan Fore Coffee)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordKeputusan Pembelian Produk Ramah Lingkunganid
dc.subject.keywordKonsumen Hijauid
dc.subject.keywordSEM PLSid
dc.subject.keywordSikap Produk Hijauid
dc.subject.keywordPemasaran Hijauid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record