View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Green Marketing Mix dan Green Consumers Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Pelanggan Fore Coffee)

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (979.1Kb)
      Fulltext (1.431Mb)
      Lampiran (381.2Kb)
      Date
      2023
      Author
      Widyawati, Sri Utami
      Hartoyo, Hartoyo
      Novandari, Weni
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Green marketing mix merupakan konsep pemasaran yang mempertimbangkan aspek lingkungan dalam aktivitas pemasarannya dan adanya peran stakeholder terkait untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, keseimbangan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan. Meningkatnya tingkat kesadaran konsumen menggunakan produk ramah lingkungan membuka peluang bagi perusahaan untuk menerapkan strategi green marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing mix terhadap sikap dan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; menganalisis pengaruh green consumers (concern dan knowledge) terhadap sikap dan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; menganalisis pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee; merumuskan implikasi manajerial yang digunakan untuk meningkatkan keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Fore Coffee yang sudah pernah membeli dan mengonsumsi produk Fore Coffee dalam kurun waktu 3 bulan terakhir dan berusia minimal 17 tahun dengan responden sebanyak 275 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online melalui google form. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap produk hijau. Terdapat pengaruh signifikan antara green marketing mix terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Selain itu, green consumers memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap. Green consumers tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Dan sikap produk hijau memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu Fore Coffee mengkomunikasikan peran penting konsumsi produk hijau yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab pelanggan terhadap lingkungan, Fore Coffee mengintensifkan komunikasi pemasaran tentang pentingnya berkomitmen terhadap lingkungan, Fore Coffee mengkomunikasikan produk hijau dalam bentuk kampanye sosial dan memfasilitasi penyebaran informasi tentang peran produk hijau, Fore Coffee harus meningkatkan strategi green place yaitu lokasi gerai dan outlet harus diperhatikan sesuai dengan citra yang dituju (ramah lingkungan), Fore Coffee fokus terhadap nilai atribut produk hijau seperti memperhatikan mutu kandungan produk sehat, aman dari bahaya penyakit dan tidak berdampak pada bahaya kerusakan lingkungan sebagai faktor untuk meningkatkan keputusan pembelian produk ramah lingkungan Fore Coffee.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119374
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository