Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyana, Devi
dc.date.accessioned2010-05-05T03:00:46Z
dc.date.available2010-05-05T03:00:46Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/11829
dc.description.abstractFishing Valley merupakan salah satu alternatif tempat wisata rekreasi keluarga di Bogor dengan menawarkan konsep wisata pemancingan yang unik dan kreatif yaitu tidak hanya menyediakan kolam pemancingan saja namun disediakan juga fasilitas lainnya seperti restoran, bom-bom boat, horse ridding, dan flying fox. Berdasarkan kondisi tersebut maka pengetahuan perusahaan terhadap konsumen sangat diperlukan dikarenakan konsumen yang berkunjung ke Fishing Valley memiliki preferensi yang berbeda-beda terhadap jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku konsumen terutama mengenai proses pengambilan keputusan dan preferensi konsumen terhadap objek wisata pemancingan Fishing Valley Bogor yang dilakukan di Fishing Valley, berlokasi di Jl. Pemda Raya No. 107 Bogor dan dilakukan pada bulan Januari sampai Mei 2009. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen yang mengunjungi objek wisata pemancingan Fishing Valley, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen yang berkunjung ke objek wisata pemancingan Fishing Valley, (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen untuk berkunjung ke objek wisata pemancingan Fishing Valley. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan program SPSS versi 15 for windows. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar konsumen yang berkunjung adalah laki-laki (72%) dengan usia berkisar antara 31-40 tahun (37 %). Dimana status yang sudah menikah sebesar (64%). Daerah asal kedatangan konsumen mayoritas datang dari Bogor (58%). Tingkat pendidikan terakhir dari konsumen sebagian besar adalah lulusan S1 (36%). Konsumen sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta (31%) dan pendapatan terbanyak konsumen berkisar diatas Rp 2.700.000 per bulan (60%). Berdasarkan analisis diketahui bahwa proses pengambilan keputusan konsumen terhadap jasa Fishing Valley dimulai dengan tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan pasca pembelian. Pada tahap pengenalan kebutuhan, tujuan utama konsumen berkunjung ke Fishing Valley adalah untuk memancing (56%). Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi konsumen paling besar didapatkan melalui keluarga atau teman (63%) dan fokus perhatian tentang Fishing Valley paling besar adalah fasilitas (41%). Pada tahap evaluasi, pertimbangan utama konsumen dalam memilih objek wisata yang akan dikunjungi adalah lokasi yang mudah dijangkau (56%). Tahap pengambilan keputusan, hal yang membuat konsumen pertama kali memutuskan berkunjung ke Fishing Valley adalah lokasi yang mudah dijangkau (62%). Pada tahap pasca pembelian, sebagian besar konsumen menyatakan suka setelah berkunjung ke Fishing Valley (52%) dan puas (59%). Dari hasil analisis faktor terhadap kelima dimensi jasa wisata Fishing Valley diperoleh faktor yang paling dipentingkan adalah berwujud (tangible) sebesar (0,655), kesigapan (responsiveness) sebesar (0,649), keandalan (reliability) sebesar (0,514), keyakinan atau jaminan (assurance) sebesar (0,414) dan perhatian (empathy) sebesar (0,125). Sementara itu berdasarkan identifikasi terhadap masing-masing faktor diperoleh faktor yang paling dipentingkan pada faktor keandalan (reliability) adalah konsep wisata yang sesuai dengan visi dan misi (0,727). Faktor kesigapan (responsiveness) adalah kecepatan karyawan melayani konsumen dan kemampuan karyawan dalam mengatasi keluhan atau permasalahan yang dialami konsumen memiliki nilai kepentingan yang sama (0,738). Faktor keyakinan atau jaminan (assurance) adalah keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani konsumen (0,734). Faktor berwujud (tangible) adalah kebersihan dan kerapihan lingkungan (0,660) dan faktor perhatian (empathy) adalah keberadaan dan manfaat kotak saran (0,771).id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis Proses Pengambilan Keputusan dan Preferensi Konsumen Terhadap Objek Wisata Pemancingan Fishing Valley Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record