Pengaruh Penggunaan Gawai dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Perkembangan Sosial Remaja di Masa Pandemi
Abstract
Perkembangan sosial pada remaja dapat terjadi karena adanya pengaruh dari berbagai faktor yang terdapat pada lingkungan yang mengelilingi kehidupan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan dan pengaruh penggunaan gawai dan interaksi teman sebaya terhadap perkembangan sosial remaja di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan menyebar kuesioner secara online. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 213 remaja yang merupakan siswa aktif SMP dan SMA/SMK di Kota dan Kabupaten Bogor. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa usia remaja dan tingkat pendidikan remaja berhubungan positif dengan penggunaan gawai. Kemudian usia remaja, tingkat pendidikan remaja, dan usia ibu berhubungan dengan perkembangan sosial remaja. Lalu, penggunaan gawai berhubungan positif dengan interaksi teman sebaya dan perkembangan sosial serta interaksi teman sebaya berhubungan positif dengan perkembangan sosial. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa dimensi durasi dan interaksi teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan sosial remaja. Social development in adolescents can occur due to the influence of various environment factors that surround the lives of adolescents. The purpose of this study was to analyze the correlation and regression between gadget use and peer interaction on the social development of adolescents during a pandemic. The research method used is quantitative with a cross sectional study design. The sample collection technique used is convenience sampling by distributing questionnaires online. The number of samples in this study were 213 adolescents who were active junior and senior high school/vocational school students in Kota Bogor and Kabupaten Bogor. The results of the correlation test showed that adolescent age and adolescent education level were positively correlated to gadget use. Then adolescent age, adolescent education level, and mother's age are correlated to adolescent social development. Gadget use is positively correlated to peer interaction and social development and peer interaction is positively related to social development. The results of the regression test showed that duration and peer interaction had a significant positive effect on adolescent social development.