Kajian Klausula Baku Berdasarkan Analisis Konten, Pengetahuan Konsumen, dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen
Abstract
Penggunaan klausula baku merupakan upaya efisiensi yang dilakukan pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian klausula baku sektor jasa keuangan dan ritel terhadap UUPK; mengidentifikasi tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku konsumen terhadap klausula baku; serta mengeksplorasi peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam mengawasi klausula baku. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods, melalui deskriptif kualitatif (hasil analisis konten dan in-depth interview) serta deskriptif statistik dari hasil survei online terhadap 123 responden. Hasil menunjukkan bahwa masih terdapat klausula baku yang bertentangan dengan ketentuan UUPK. Konsumen memiliki tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku yang rendah terhadap klausula baku. Peran BPSK dalam melakukan pengawasan klausula baku juga belum efektif, karena tidak ada pedoman yang jelas untuk melakukan pengawasan. Oleh karena itu, konsumen diharapkan dapat menjadi lebih kritis dan berdaya saat berhadapan dengan klausula baku, juga pemerintah perlu meningkatkan edukasi kepada konsumen terkait klausula baku dan melakukan pengawasan klausula baku sebagai wujud implementasi perlindungan konsumen di Indonesia.