Pengaruh Rebranding terhadap Brand Image dan Minat Masuk IPB University
Abstract
Rendahnya minat ketertarikan siswa Sekolah Menengah Atas untuk mempunyai karir di bidang pertanian adalah suatu yang mengkhawatirkan bagi bangsa indonesia. Padahal, bidang pertanian adalah satu bidang yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun kehidupan yang sejahtera di Indonesia. Dengan Permasalahan tersebut, IPB University merupakan Perguruan Tinggi Negeri satu – satunya di indonesia yang fokus terhadap dunia pertanian yang masih kurang diperhatikan oleh masyarakat terlebih khusus siswa Sekolah Mengah Atas sebagai pemuda yang akan memimpin bangsa indonesia di masa depan. IPB University melakukan rebranding sebagai bentuk penyegaran institusi agar dapat bersaing menjadi kampus terbaik pilihan pelajar Indonesia. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi karakteristik calon mahasiswa IPB University, menganalisis pengaruh rebranding terhadap brand image, menganalisis pengaruh rebranding terhadap minat masuk, serta menganalisis pengaruh brand image terhadap minat masuk. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel rebranding terhadap brand image serta variabel brand image terhadap minat masuk, sedangkan antara variabel rebranding terhadap minat masuk tidak memiliki pengaruh.
Collections
- UT - Management [2866]