Show simple item record

dc.contributor.authorPatra, Benny
dc.date.accessioned2010-05-04T23:23:20Z
dc.date.available2010-05-04T23:23:20Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/11586
dc.description.abstractDunia usaha semakin menyadari bahwa perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan hanya dalam kondisi keuangannya saja, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya. Hal itu pula yang terjadi pada industri perbankan di Indonesia. Perumusan strategi bisnis dilakukan tidak hanya mengacu pada aspek teknis saja, melainkan juga harus mempertimbangkan aspek etika bisnis. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk merancang dan menerapkan berbagai program CSR sebagai wujud kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengkaji penerapan program CSR di BNI; (2). Menganalisis sikap nasabah terhadap penerapan program CSR yang dilakukan BNI; dan (3). Menganalisis pengaruh sikap nasabah tabungan BNI Taplus dalam penerapan CSR terhadap loyalitas. Penelitian dilakukan di Kantor BNI Cabang Utama UI Depok (KCU UI) dan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada nasabah BNI Taplus KCU UI Depok serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan internet yang relevan dengan topik penelitian. Penentuan sampel dilakukan secara purposive dengan memperhatikan syarat dari metode analisis yang digunakan. Analisis data untuk mengetahui hubungan antar variabel laten dalam penelitian dilakukan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan software LISREL 8.30. Beberapa program CSR yang diterapkan PT. BNI (Persero) Tbk., antara lain program pendidikan, kesehatan, kemitraan, pengembangan prasarana dan sarana umum, serta bantuan korban bencana alam. Data menunjukkan sikap 39% responden yang setuju bahwa program CSR pendidikan sudah tepat sasaran, 49% setuju mengenai perlunya keberlanjutan program kredit kemitraan, 46% setuju bahwa program kesehatan telah tepat sasaran, dan 45% setuju akan keberlanjutan program bantuan korban bencana alam. Analisis SEM menyatakan bahwa sikap nasabah dalam penerapan program CSR (ξ) mempengaruhi loyalitas nasabah BNI Taplus (η) secara positif. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien konstruk (γ) yang merupakan hubungan langsung variabel eksogen terhadap variabel endogen, yaitu sebesar 0,09. Namun, sikap nasabah dalam penerapan program CSR (ξ) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah BNI Taplus karena memiliki t-value dibawah 1,96, yakni sebesar 0,92. Hasil penilaian Goodness of Fit (GOF) menyatakan model memiliki nilai chi-square sebesar 61,20, nilai Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) sebesar 0,045, Goodness of Fit Index (GFI) sebesar 0,93, dan Normed Fit Index (NFI) sebesar 0.95, nilai CMIN/df (The Minimum Sample Discrepancy Function) sebesar 1,21, dan nilai probabilitas p-value sebesar 0,16.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis pengaruh penerapan program corporate social responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah tabungan BNI Taplus di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. KCU UI Depokid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record