Strategi Komunikasi Pemasaran terkait Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Masa Pandemi Covid-19
Date
2022Author
Siregar, M Yazidal Siddik
Sumardjo
Seminar, Annisa Utami
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan
penguasaan mengenai cara dan strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam
menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis hubungan strategi komunikasi pemasaran dengan keberhasilan usaha
mikro kecil dan menengah Shawarma Sultan di masa pandemi Covid-19. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner online yang didukung
dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 69 responden yang diperoleh melalui non-probability sampling
dengan prosedur accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
hubungan antara tingkat penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu dengan
tingkat keberhasilan usaha. Shawarma Sultan memasarkan produknya dan
membuat iklan melalui media sosial mampu menarik banyak konsumen sehingga
penjualan Shawarma Sultan meningkat serta dapat bertahan bahkan berkembang di
masa pandemi Covid-19 hingga saat ini.