Pengaruh Push-Pull-Mooring Effects Terhadap Perpindahan Pelanggan E-Wallet Pada Generasi Z di DKI Jakarta
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, e-wallet semakin
banyak digunakan karena dapat membantu proses pembayaran menjadi lebih
mudah. Hal ini tentu menyebabkan persaingan antar penyedia layanan e-wallet
bersamaan dengan banyaknya penyedia layanan serupa di Indonesia dan pelanggan
pun semakin selektif dalam memilih e-wallet yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Pelanggan dapat melakukan perpindahan apabila layanan e-wallet yang digunakan
kalah bersaing dengan berbagai layanan e-wallet pesaingnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik Generasi Z pelanggan e-wallet di
DKI Jakarta; menganalisis pengaruh push-pull-mooring effects terhadap switching
intention; menganalisis pengaruh moderasi mooring effects terhadap hubungan
antara push effects dan pull effects dengan switching intention; dan menganalisis
pengaruh switching intention terhadap switching behavior Generasi Z pelanggan e wallet. Responden pada penelitian ini sebanyak 262 responden. Teknik penentuan
sampel dilakukan menggunakan non probability sampling dengan metode
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa push effects tidak
berpengaruh terhadap switching intention. Pull effects dan mooring effects
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap switching intention. Mooring
effects tidak dapat memoderasi hubungan antara push effects dan pull effects
terhadap switching intention. Switching intention berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap switching behavior.
Collections
- UT - Management [3455]