Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, dan Perceived Ease of Use Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Z Pengguna Fitur Tiktokshop
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi sekarang ini, beberapa social media juga ikut menyediakan fitur – fitur online shopping di aplikasi mereka salah satunya adalah aplikasi Tiktok yang meluncurkan fitur belanja online melalui aplikasi Tiktok yakni fitur Tiktokshop. Kecenderungan seorang konsumen dalam melakukan pembelian secara tidak terencana menjadi peluang bagi penyedia platform jual beli seperti Tiktokshop dalam membuat strategi untuk meningkatkan jumlah transaksi di platform mereka. Oleh karena itu, secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh sales promotion, shopping hedonic motivation dan perceived ease of use terhadap impulse buying pengguna Tiktokshop. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan SEM PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel sales promotion dan hedonic shopping motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, sedangkan variabel perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying generasi Z pada fitur Tiktokshop.
Collections
- UT - Management [3465]