dc.description.abstract | Salah satu faktor yang meningkatkan persaingan pada industri perbankan
adalah digitalisasi. Alternatif utama yang menjadi pilihan dalam menjalankan
strategi digitalisasi perbankan ialah mobile banking. Banyaknya aplikasi mobile
banking yang ada membuat persaingan pasar mobile banking menjadi sangat
kompetitif. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pengguna,
mengidentifikasi kepentingan konsumen terhadap user experience, dan
menganalisis perbandingan tingkat kepuasan pelanggan terhadap user experience
BNI Mobile Banking, BRImo BRI, Livin by Mandiri, dan BCA Mobile. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2022 dengan menggunakan 160
sampel pengguna mobile banking di Pulau Jawa. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), Diagram Radar, dan
Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini didapatkan 15 indikator
dan 3 dimensi yang dinilai penting oleh pelanggan, yaitu perpicuity, efficiency, dan
dependability. Nilai tingkat kepuasan pengguna BCA Mobile sebesar 89,63%,
BRImo BRI sebesar 89,43%, Livin by Mandiri sebesar 88,65%, dan BNI Mobile
Banking sebesar 88,23%. | id |