Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Penggunaan LinkAja Syariah pada Masyarakat Jabodetabek
Date
2022Author
Tari, Tesya Folan
Nurhalim, Asep
Muthohharoh, Marhamah
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi mendorong munculnya inovasi baru di bidang keuangan, salah satu adopsi teknologi di bidang keuangan adalah fintech. Uang elektronik merupakan salah satu produk fintech yang semakin marak digunakan di Indonesia sebagai alat pembayaran transaksi pada aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, kepercayaan, religiusitas, Islamic branding, dan social influence terhadap keputusan menggunakan uang elektronik syariah yaitu LinkAja Syariah pada masyarakat Jabodetabek. Metode yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS. Responden pada penelitian ini berjumlah 200 responden yang merupakan masyarakat muslim di Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pengetahuan produk, religiusitas, Islamic branding, dan social influence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan.
Collections
- UT - Syariah Economic [466]