Pengaruh Kontrol Orang Tua, Fear of Missing Out (FOMO), dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Bermain Game Online Siswa SMP
Abstract
Salah satu konten di internet yang sering diakses remaja adalah game online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol orang tua, FOMO dan kontrol diri terhadap perilaku bermain game online siswa SMP. Desain penelitian adalah cross-sectional study dengan teknik purposive sampling di SMP N 1 Wangon, yaitu siswa kelas 7 yang berusia 12-14 tahun dan merupakan keluarga utuh dengan total responden 200 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik self-report melalui pengisian kuesioner. Hasil menunjukan mayoritas siswa mendapatkan kontrol orang tua dalam kategori memadai, FOMO dalam kategori rendah, kontrol diri dalam kategori sedang dan perilaku bermain game online dalam kategori rendah. Terdapat perbedaan signifikan pada tingkat kontrol diri dan perilaku bermain game online antara siswa laki-laki dan perempuan. Kontrol diri dan perilaku bermain game online siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan. Perilaku bermain game online berhubungan signifikan dan negatif dengan jenis kelamin, kontrol orang tua dan kontrol diri. Perilaku bermain game online juga dipengaruhi secara signifikan dan negatif oleh jenis kelamin dan kontrol diri. Kontrol orang tua dan kontrol diri berpengaruh signifikan secara langsung terhadap perilaku bermain game online, sedangkan FOMO berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui kontrol diri. Game online is one of internet content that often accessed by adolescents. This study aims to analyze the effect of parental control, FOMO, and self-control towards junior high school student’s online gaming behavior. Cross-sectional study was used in this research with purposive sampling technique at SMP N 1 Wangon, that is, 7th grade student aged 12-14 years and came from intact families that consist of 200 students. Data was collected by self-report through filling out a questionnaire. The results showed that majority of students got parental control in medium level, had a low level of FOMO, medium level of self-control and low level of online gaming behavior. There was a significant difference in self-control and online gaming behavior between boys and girls. Boys discovered have higher level of self-control and online gaming behavior than girls. Online gaming behavior significantly correlated with gender, parental control, and self-control. Online gaming behavior significantly influenced by gender and self-control. Parental control and self-control have significant direct effect towards online gaming behavior, meanwhile FOMO has significant indirect effect through self-control.