Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Domba Saudagar Farm
Date
2022Author
Galuh, Prayoga Surya
Nuraini, Henny
Cyrilla E.N.S.D, Lucia
Metadata
Show full item recordAbstract
Domba merupakan salah satu ternak yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Permintaan daging domba tiap tahun mengalami peningkatan, sehingga peternakan domba memiliki potensi untuk dikembangkan. Tumbuhnya usaha beternak domba menyebabkan bertambahnya kompetitor usaha bagi Saudagar Farm. Oleh karena itu Saudagar Farm perlu menentukan strategi pengembangan usaha untuk mengembangkan strategi usaha dan berjalan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi alternatif dan menentukan prioritas strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, menggunakan analisis internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal, matriks Strengths-Weakness-Opportunity-Threats (SWOT), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil analisis matriks IE menunjukkan Saudagar Farm berada pada posisi tumbuh dan membangun. Matriks SWOT menghasilkan 6 alternatif strategi. Perhitungan Total Attractiveness Score (STAS) menghasilkan nilai 7.128, 6.630, 6.132, 6.164, 4.928, dan 4.689. Urutan rumusan strategi yang perlu dikembangkan oleh Saudagar Farm dari nilai tertinggi hingga terendah adalah meningkatkan kualitas ternak dan pelayanan pada konsumen, menambah SDM ahli dibidangnya, menciptakan platform digital untuk penjualan ternak, meningkatkan jumlah produksi, mendesain kandang yang tahan dari segala kondisi cuaca, dan pengolahan terhadap limbah kotoran secara efisien.