Show simple item record

dc.contributor.advisorSukardi
dc.contributor.authorBancin, Ita Widya S
dc.date.accessioned2022-08-05T00:17:57Z
dc.date.available2022-08-05T00:17:57Z
dc.date.issued2022-07
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113201
dc.description.abstractITA WIDYA S BANCIN. Studi Kelayakan Pendirian Industri Pengolahan Ikan Kerapu (Epinephelus sp.) Ditinjau dari Aspek Pasar dan Pemasaran. Dibimbing oleh SUKARDI. Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas perikanan tangkap yang memiliki potensi besar di pasar nasional dan internasional. Melihat potensi tersebut mitra dari peneliti berkeinginan melakukan pendirian industri pengolahan ikan kerapu sehingga perlu dilakukan analisis kelayakan usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan pendirian industri pengolahan ikan kerapu di Pulau Jawa yang ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari lapangan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur yang terkait dengan topik bahasan. Data tersebut kemudian digunakan dalam mengidentifikasi aspek pasar dan pemasaran yang diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan dan potensi peluang pasar produk ikan kerapu yang akan dihasilkan bernilai positif atau semakin tahun semakin meningkat. Hasil observasi langsung menyatakan bahwa Amerika Serikat sebagai negara tujuan ekspor mampu menyerap 500 ton produk/bulannya. Melihat potensi pasar tersebut disimpulkan bahwa industri layak untuk didirikan. Produk yang dipasarkan berupa filet ikan kerapu akan dijual di pasar Amerika Serikat dengan harga 7,25/lb atau sekitar Rp237.500 per kilogramid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStudi Kelayakan Pendirian Industri Pengolahan Ikan Kerapu (Epinephelus sp.) Ditinjau dari Aspek Pasar dan Pemasaranid
dc.title.alternativeFeasibility Study of The Grouper (Epinephelus sp.) Processing Industry in terms of Market and Marketing Aspectsid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordmarket and marketing aspectsid
dc.subject.keywordthe fillet of grouperid
dc.subject.keywordbusiness feasibility studyid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record