Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kopi di Kota Padang
Abstract
Kedai kopi di Kota Padang mengalami persaingan yang cukup kompetitif
dalam rangka mendapatkan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kualitas produk pada kedai kopi di Kota Padang, menganalisis kualitas pelayanan
pada kedai kopi di Kota Padang, menganalisis kepuasan pelanggan pada kedai kopi
di Kota Padang, serta menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kedai kopi di Kota Padang. Metode
analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dan
kuantitatif. Pengolahan data kualitatif menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010
untuk tabulasi data deskriptif. Sedangkan, uji kuantitatif diolah menggunakan
SmartPLS untuk mendapatkan model Structural Equation Modelling (SEM)
dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan meningkatkan kepuasan pelanggan
kedai kopi di Kota Padang. Penelitian ini menyarankan agar kedai kopi dapat
mempertahankan kualitas rasa minuman kopi dengan takaran dan ukuran yang tepat
dan kedai kopi juga harus mempertahankan kebersihan dari kedai kopi terutama
pada alat-alat pembuat kopi. Coffee shops in the city of Padang experience quite competitive competition in
order to get satisfaction. This study aims to analyze product quality at coffee shops
in Padang City, analyze service quality at coffee shops in Padang City, analyze
customer satisfaction at coffee shops in Padang City, and analyze the effect of
product quality and service quality on coffee shop customer satisfaction in Padang
City. The data analysis method used in this research is qualitative and quantitative.
Qualitative data processing using Microsoft Excel 2010 application for descriptive
data tabulation. Meanwhile, the quantitative test was processed using SmartPLS to
obtain a Structural Equation Modeling (SEM) model with a Partial Least Square
(PLS) approach. The results of this study indicate that product quality and service
quality increase coffee shop customer satisfaction in the city of Padang. This study
suggests that coffee shops can maintain the quality of the taste of coffee drinks with
the right dose and size and coffee shops must also maintain the cleanliness of the
coffee shop, especially in coffee makers.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]