Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorSukma, Dewi Sani
dc.date.accessioned2022-07-27T04:07:17Z
dc.date.available2022-07-27T04:07:17Z
dc.date.issued2022-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112872
dc.description.abstractPemasaran sosial dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku yang terkait dengan gerakan berorientasi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pesan konten pada pengguna tagar #Daurulang di media sosial Instagram. Desain eksploratori dengan teknik analisis isi konten dengan menggunakan data primer dan purposive sampling dari 200 konten pemasaran sosial berupa foto dan video di Instagram. Data diolah dengan tabulasi silang dan interpretasi deskriptif menggunakan aplikasi Microsoft Excel, IBM SPSS Statistics 25.0, dan Voyant sebagai aplikasi pendukung pengolahan data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keefektifan pesan dari aspek attention menunjukkan sebagian besar konten dianggap menarik, pada aspek readthroughness, konten umumnya menggunakan bahasa baku agar lebih mudah dipahami. Pada aspek cognitive, sebagian besar dari konten telah memasukkan dua yang diperlukan. Pada aspek affective, konten dianggap menimbulkan kesadaran atau simpati, dan pada aspek behavior, setengah dari sampel yang dianalisis dianggap berpotensi mengubah perilaku pembaca. Kepada pembaca konten diharapkan dapat memilih serta membaca konten dengan bijak dan menerapkan hal baik yang didapat untuk mengurangi produksi sampah kertas.id
dc.description.abstractSocial marketing is done to increase awareness and behavior associated with socially-oriented movements. This study aims to identify and evaluate content messages on users of the hashtag #Daurulang on Instagram social media. Exploratory design with content analysis techniques using primary data and purposive sampling from 200 social marketing content in the form of photos and videos on Instagram. Data processed by cross-tabulation and descriptive interpretation using Microsoft Excel, IBM SPSS Statistics 25.0, and Voyant applications as supporting applications for data processing qualitative. The analysis results show that the effectiveness of the message from the attention aspect shows that most of the content is considered attractive. In the readthroughness aspect, the content generally uses standard language to make it easier to understand. Most of the content has included the two necessary ones on the cognitive aspect. In the affective aspect, the content raises awareness or sympathy. In the behavior aspect, half of the analyzed sample is deemed to have the potential to change the reader's behavior. It is hoped that content readers can choose and read content wisely and apply the good things they get to reduce the production of paper waste.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Univeristyid
dc.titleAnalisis Isi Konten Pemasaran Sosial Pada Pengguna Tagar #Daurulang Di Sosial Media Instagramid
dc.title.alternativeContent Analysis of Social Marketing Content on #Daurulang Hashtag Users on Instagram Social Media.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordcontent analysisid
dc.subject.keywordinstagramid
dc.subject.keywordpaper wasteid
dc.subject.keywordrecycleid
dc.subject.keywordsocial marketingid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record